Khasiat Daun Bawang Bagi Kesehatan Banyak Gizinya

Pelatihangizi – Daun bawang sudah tak asing lagi sebagai bahan pelengkap menu berbagai masakan. Yang paling populer di antaranya adalah sayur sop.

Rasanya, masakan akan terasa kurang nikmat apabila tak ditambahkan irisan daun bawang.

Daun bawang kaya akan berbagai kandungan gizi, seperti misalnya : vitamin C, vitamin K, antioksidan, asam folat, serat, zat besi, dan banyak lainnya yang diperlukan tubuh.

Tak hanya mampu memperkaya rasa pada masakan dan kaya akan kandungan gizi, ternyata daun bawang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Melansir laman WebMD dan Healthyfocus.org, berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari daun bawang, yaitu :

1. Sumber serat untuk cegah berbagai penyakit

Secangkir irisan daun bawang, memiliki sekitar 10% serat yang dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat akan membuat perut terasa kenyang dan mampu menjaga kadar kolestrol dalam tubuh.

Selain itu, kandungan serat pada daun bawang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai penyakit serius lainnya.

2. Membantu melawan kanker

Daun bawang dan sayuran berjenis allium lain, seperti bawang-bawangan, dipercaya dapat menghambat pertumbuhan berbagai kanker, seperti : kanker perut, prostat, usus besar dan lambung.

Senyawa allicin yang ada pada daun bawang dipercaya mampu untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan memperlambat penyebaran tumor.

3. Mencegah infeksi

Keluarga bawang termasuk daun bawang telah lama digunakan sebagai obat yang mampu membunuh bakteri, jamur dan virus dalam tubuh.

Tak hanya itu, tes laboratorium juga menunjukkan bahwa sayuran allium atau bawang-bawangan ini, mampu membunuh atau memperlambat pertumbuhan salmonella atau E. Coli.

Daun bawang mengandung senyawa yang sama dengan sayuran allium lainny, sehingga juga dapat berguna untuk memerangi infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

4. Melindungi sel tubuh dari kerusakan

Daun bawang kaya akan antioksidan yang dapat berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Antioksidan dalam daun bawang, seperti flavonoid dan polifenol juga berguna untuk membunuh radikal bebas penyebab kanker, peradangan, dan penyakit yang berkaitan dengan usia tua.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Daun bawang merupakan sumber alami dari prebiotik. Prebiotik adalah jenis bakteri baik yang tumbuh subur pada saluran pencernaan.

Bakteri baik ini akan menyehatkan sistem pencernaan dan juga berperan penting untuk menyerap nutrisi bagi tubuh.

6. Menyehatkan tulang

Daun bawang dapat membantu menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat, serta mampu mengurangi risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Daun bawang kaya akan kalsium dan magnesium yang beruguna untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Penambah darah

Daun bawang juga mengandung banyak zat besi, yang berfungsi untuk mencegah penyakit anemia yang menimbulkan gejala, seperti : mudah merasa lelah dan lemah, serta sakit kepala.

Daun bawang juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik.

8. Menjaga kehamilan

Daun bawang memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Sebab, daun bawang juga kaya akan asam folat dan senyawa lainnya, seperti tiamin dan niasin yang dipercaya mempu menjaga kesehatan wanita hamil dan mencegah cacat saraf untuk janin yang ada dalam kandungan.

Tenyata banya sekali ya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun bawang. Namun, berbagai manfaat daun bawang ini akan hilang dan malah bisa menimbulkan penyakit jika tidak dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *