Manfaat Air Nira Diteliti Mahasiswa UGM Ternyata Dapat Turunkan Kolesterol

Pelatihangizi – Para mahasiswa UGM berhasil teliti nira kelapa untuk menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, LDL dan turunannya. Dislipidemia atau kondisi abnormalitas profil lipid dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Penyakit ini bahkan diprediksi menyebabkan kematian tertinggi dengan angka kematian 23,6 juta orang di dunia pada tahun 2030. Salah satu cara mengatasi dislipidemia ialah dengan meningkatkan mikroflora baik di dalam usus melalui konsumsi probiotik.

Penelitian yang dilakukan oleh Kenny Putri Kinasih, Silvia Bufa Amanda, dan Niken Lestari di bawah asuhan pakar Gizi Kesehatan, Rio Jati Kusuma ini diawali dengan mengisolasi bakteri pada badeg yang memiliki ketahanan terhadap asam dan garam empedu.

‘Badeg’ merupakan minuman tradisional yang berasal dari nira kelapa yang dapat mengalami fermentasi spontan. Pengujian kolestrol dilakukan secara in vitro. Isolat bakteri diidentifikasi dengan pengecetan gram dan analisis PCR.

Bakteri yang memiliki ketahanan terhadap asam dan garam empedu ditemukan pada sampel A dengan pengenceran 10-6 pada koloni pertama. Koloni tersebut memiliki clear zone disekitarnya yang diduga merupakan bakteri yang menghasilkan bakteriosin. Hasil pengecetan gram menunjukkan bahwa bakteri tersebut merupakan bakteri gram positif dengan bentuk batang.

Data yang diperoleh dari hasil penelitian diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dalam hal pencarian bakteri probiotik yang dapat menurunkan kolesterol berbasis pangan lokal.

Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai guna badeg sehingga lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terlebih dalam bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *